Lihat Harga Printer Pilihan Anda

Jenis-Jenis Printer Dan Fungsinya

Berbicara mengenai printer, maka anda pasti akan langsung terbayang apakah benda yang dinamakan printer. Alat cetak yang satu ini menjadi salah satu alat yang tak bisa anda lepaskan dari pekerjaan setiap hari , terutama bagi anda yang bekerja dengan menggunakan komputer. Berikut adalah beberapa jenis printer yang biasa ditemukan di sekitar lingkungan :

 Printer Inkjet
 
Jenis printer yang saty ini adalah yang paling umum ditemui pada saat ini. Mengapa disebut inkjet? karena printer ini menyemprotkan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar. Ini terjadi dikarenakan ada sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan. Kualitas dari cetakan printer inkjet hampir menyamai kualitas cetakan pada printer laserjet. Rata-rata kualitas printer inkjet standar adalah sekitar 300 dpi (dots per inch) , namun  jenis printer yang baru sudah mulai berimprovisasi. Selain dengan mengggunakan tinta warna, inkjet juga bisa diatur untuk mencetak dalam bentuk hitam putih

Printer Laserjet

Jenis printer laserjet atau sering disebut dengan printer laser merupakan jenis printer yang menggunakan laser pada proses pencetakannya. Pertamanya laser disinarkan pada sejenis drum untuk membuat pola gambar yang akan dicetak. Lantas drum itu berputar melalui toner ( sejenis tinta untuk laserjet tetapi berupa bubuk dan tidak cair ) dan kemudian bagian pada drum yang berlistrik mengambil toner. Setelah itu dengan kombinasi antara tekanan dan panas. maka tinta di drum itu dipindahkan ke atas kertas. Jenis Printer laserjet bekerja sangat cepat dan catridgenya bertahan lebih lama. Sama halnya seperti printer inkjet printer laserjet juga bisa diatur untuk mencetak warna hitam putih saja atau seluruh warna [CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black)
 

Printer LED/LCD
 
Pada dasarnya sesungguhnya jenis printer LED atau LCD ini hampir sama dengan printer laser tetapi tidak menggunakan laser untuk membuat pola pada drumnya melainkan menggunakan cahaya. Maka orang-orang sering menyamakan printer Laser dengan printer LED atau LCD. Selain itu proses cetaknya hampir sama printer tetapi printer LED atau LCD menggunakan light-emitting diode. Hasil printer ini menghasilkan kualitas cetak yang sangat tinggi baik itu teks maupun grafis.

Printer Dot Matrix
 
Cara kerja printer ini menggunakan pita dan set pin yang tersusun sangat rapat untuk mencetak huruf dan karakter lain di kertas. Kemudian cara kerjanya mirip mesin tik. Untuk kecepatan cetaknya sangat bervariasi yakni antara 50-500 karakter per sekon. Sedangkan untuk jumlah pinnya sangat bervariasi antara 9 -24 dan menentukan kualitas cetak yang dihasilkan. Untuk jenis printer ini biasanya digunakan untuk mencetak faktur dan lain-lain.

Printer Solid Ink

Seperti namanya, printer ini menggunakan sejenis tinta yang sudah dililinkan. Untuk cara kerjanya adalah printer melelehkan tinta yang melilin tersebut lalu ditampung dalam sebuah tempat yang kemudian dipindahkan ke sejenis drum yang lalu akan mendinginkan tinta itu baru mencetaknya ke kertas.  Jika dibandingkan dengan jenis – jenis printer lain, maka jenis printer ini mempunyai komponen dalam yang lebih sedikit. Kondisi suhu serta kelembapan kertas mempengaruhi kerja printer ini.

Printer Dye Sublimation

Printer yang satu ini merupakan perangkat profesional yang banyak digunakan dalam seni grafis dan fotografi untuk pencetakan pada mug dan benda dengan permukaan keras lainnya. Cara kerja printer ini dengan memanaskan tinta sehingga berubah dari padat menjadi gas.

Printer Portabel

Printer yang satu ini biasanya cukup ringan dan kadang-kadang menggunakan baterai. Umumnya printer ini mempunyai resolusi cetak yang cocok untuk mencetak teks biasa. Dewasa ini Anda dapat menemukan beberapa jenis printer portable yakni : Printer Thermal , Printer Thermal Transfer , dan Printer Inkjet. Keuntungan utama yang bisa didapatkan dari  Printer Thermal Transfer dan Printer Thermal adalah lebih kecil dan ringan dibandingkan dengan Printer Inkjet. 

Printer Plotter
 
Untuk jenis printer ini sangat akurat pada proses pencetakannya. Jenis printer ini berukuran besar dan biasanya digunakan untuk mencetak gambar-gambar arsitrk atau insinyur. Dan ada 2 jenis printer plotter yakni flatbed plotter dan drum plotter.

 

Printer Photo Digital

Sekalipun kebanyakan jenis printer inkjet dan laserjet sudah bisa mencetak foto , namun Fotografer masih menginginkan printer dengan hasil cetak yang lebih tinggi. Maka dari itu biasanya ada beberapa tambahan tinta yakni light Cyan dan light Magenta.

Printer CD/DVD

Printer ini bekerja dengan mencetak cover pada CD dan DVD.

Printer ID Card

Printer ini biasanya digunakan untuk mencetak ID Card dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

Printer POS (Point Of Sale)

Jenis Printer ini sangat mudah ditemui pada kassa sebuah toko. Printer ini juga terhubung dengan Laci uang yang ada di bawahnya.

Printer Label

Yang satu ini adalah printer Label ini digunakan untuk mencetak label dengan jumalah banyak dan lebih mudah. Dalam beberapa Printer Label memiliki banyak fungsi sekaligus yakni pada supermarket juga bisa digunakan untuk mencetak barcode. Selain itu beberapa Printer label juga bisa mencetak label dengan berbagai bentuk.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Printer Dan Fungsinya

0 comments:

Posting Komentar

Anda ingin mengiklankan produk di blog ini, silahkan kunjungi segera halaman layanan iklan kami disini