Lihat Harga Printer Pilihan Anda

Jenis-Jenis Kertas Yang Biasa Digunakan Percetakan

Informasi printer terbaru dan seluk beluk printer. Selain mengetahui macam-macam jenis printer yang tengah in di tengah masyarakat, tak ada salahnya jika saat ini anda juga mengetahui jenis-jenis kertas yang cocok untuk usaha percetakan. Baik itu untuk percetakan besar seperti penerbitan, atau percetakan skala besar atau juga untuk percetakan dalam skala kecil, misalnya usaha cetak foto, cetak dokumen di warnet atau rentalan komputer dan sejenisnya. 

Berikut adalah jenis-jenis kertas yang biasa digunakan percetakan, silahkan disimak dan dilihat-lihat agar bisa mengetahui berbagai macam jenis kertas yang cocok untuk kebutuhan cetak anda :
    HVS

Bahan kertasnya agak kasar dan pada umumnya dipakai untuk Fotocopy / Printer Deskjet. Kertas jenis ini banyak dijual di toko-toko buku dan kertas jenis HVS dibuat dari pulp (bubur kertas) yang tidak mengandung lignin (perekat antar serat di dalam pohon), jadi tidak mudah berubah warna (menjadi kekuningan) jika diletakkan di bawah sinar matahari atau sinar lampu.

    Art Paper & Matt Paper

Bahan kertas untuk brosur, karena permukaannya yang licin (artpaper), atau yang semi doff (matt paper). Selain karena licin, hasil yang dihasilkan juga bagus, karena raster kertasnya halus. Kertas art paper ini kurang bisa menyerap air sehingga kurang cocok digunakan dengan printer yang menggunakan tinta dye yang merupakan tinta berbahan dasar air. Tinta yang cocok digunakan untuk mencetak dengan media kertas art paper ini adalah tinta art paper yang di desain khusus untuk head printer Epson.

    Premium Glossy foto Paper

Kertas jenis ini biasa disebut oleh para penggunanya dengan sebutan high glossy, kertas jenis ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang lebih mengkilap. Kertas jenis ini sangat cocok untuk mengcetak foto dengan resolusi tinggi. Walaupun harga kertas ini lebih mahal tetapi jika kita gunakan, akan menghasilkan cetakan foto yang maksimal dan lebih cerah.

    Sticker Glossy foto Paper

Sering kita menjumpai sticker yang menampilkan foto dengan warna dasar kertas putih dan mengkilap, jenis ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan sticker serta mampu mencetak foto beresolusi tinggi.

    Glossy foto Paper / glanz paper

Kertas ini merupakan jenis standar cetak foto. Dengan jenis kertas yang mengkilap, permukaan memantulkan cahaya, serta permukaan lebih lengket terhadap kaca pigura dan putih mampu menghasilkan cetakan yang standar. Selain itu dapat digunakan untuk foto resolusi tinggi dan harga kertas yang relatif murah atau sesuai dengan standar harga cetak foto kebanyakan.

    Canvas Paper

Jenis kertas ini jika kita gunakan untuk mencetak foto akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan canvas layaknya sebuah lukisan. Hasil akhir cetakan akan menampilkan foto yang persis dengan kertas canvas.

    Inkjet Paper

Kertas ini kurang cocok untuk keperluan digital foto printing, jenis kerta inkjet ini biasanya digunakan untuk keperluan grafis. Misalnya mencetak sketsa gambar, atau proof arsitektur rumah, mencetak grafik bar, dan sebagainya. Selain itu kualitas kertasnya lebih bagus dari jenis HVS karena serapan pada tinta lebih bagus dan cepat kering.


    Metallic paper

Metallic paper mempunyai permukaan halus dan terlihat agak mengkilat. Cocok dengan namanya karena ada titik-titik metallic pada permukaan kertas ini.

    Metallic + laminating paper

Hampir sama dengan metallic paper namun pada salah satu sisi ada plastik atau sejenisnya yang menutupi.

    Silky paper

Permukaan kertas lembut namun tidak mengkilat. Memiliki daya lekat tinta cukup tinggi sehingga tinta tidak mudah bercecer. Selain itu bagian permukaan kertas ini tidak mudah terbawa oleh head printer membuat hasil cetakan menjadi lebih baik.

Untuk memaksimalkan fungsi kertas yang anda miliki, maka sebaiknya anda menggunakan printer yang sengaja didesain untuk kertas-kertas yang telah disebutkan di atas, silahkan disimak artikel

Spesifikasi Printer Termurah HP Deskjet 1010.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis-Jenis Kertas Yang Biasa Digunakan Percetakan

0 comments:

Posting Komentar

Anda ingin mengiklankan produk di blog ini, silahkan kunjungi segera halaman layanan iklan kami disini